Pendidikan

UN Membebani Siswa

Standar nilai Ujian Nasional (UN) yang naik 5,25 dari rata-rata 5,00 dan penambahan dari 3 mata pelajaran (Mapel) menjadi 6 mapel dirasakan sangat berat bagi siswa. Ibarat kata sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah standar dinaikan, harus ditambah dengan 3 mapel. UN yang dilaksanakan mulai tanggal 22-24 April 2008 ini, dirasakan tidak menguntungkan bagi siswa. Mereka harus berkonsentrasi untuk 2 mapel dalam sehari, padahal tahun lalu hanya 1 mapel perhari.

“ UN tahun ini lebih berat dari tahun lalu, sudah standar dinaikan, jumlah mapel yang diujikan semakin banyak” Ujar Mia Hiastuti dan Ariwidyarini, siswi SMA Stela duce 3 Bantul. Mia mengatakan merasa kesulitan saat mengerjakan soal-soal UN, terutama mapel Fisika dan Kimia, dua mapel tambahan jurusan IPA untuk UN tahun ini. Berbeda dengan Mia, Rini merasa kesulitan saat mengerjakan soal-soal matematika. Mia menambahkan, UN tidak akan terlalu berat seandainya penambahan mapel dan kenaikan standar kelulusan dilakukan step by step. Standar boleh dinaikan asalkan tidak ada penambahan mapel, atau sebaliknya ada penambahan mapel asalkan standar tidak dinaikkan.

Penambahan 3 mapel, Biologi, Kimia, Fisika untuk jurusan IPA dan Geografi, Matematika, Sosiologi untuk jurusan IPS memberikan dampak psikologi bagi siswa. Siswa sudah merasa ketakutan dan stres sebelum mengerjakan soal-soal UN. “ Teman saya ada yang tidak mau makan karena takut menghadapi ujian” Ujar Mia. Para siswa juga mengeluhkan soal-soal UN yang lebih sulit daripada soal-soal pendalaman materi. Pendalaman materi yang hanya dilakukan 6 kali dirasa kurang memadai untuk mempersiapkan diri mengikuti UN. Hal ini dikarenakan adanya penambahan mapel. Namun, UN harus tetap diikuti oleh siswa karena ini merupakan kewajiban siswa, yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s